Jumat, 12 April 2013

Memahami Shutter Speed


Shutter speed atau juga disebut kecepatan rana adalah lama shutter kamera terbuka, shutter speed merupakan waktu berapa lama sensor kamera kita melihat objek yang akan di foto. Misalkan kita mau motret pemandangan, shutter akan membuka selama beberapa waktu sehingga sensor kamera akan merekam cahaya yang masuk melalui lensa. Kecepatan shutter speed atau kecepatan rana menggunakan satuan detik. Semakin cepat shutter speed yang kita pakai gambar yang dihasilkan semakin beku dan sebaliknya semakin rendah shutter speed yang kita pakai kebekuaan gambar akan semakin berkurang.

Shutter speed yang cepat biasanya digunakan saat memotret moment misalkan orang yang lagi bermain sepakbola atau anak-anak yang lagi bermain biar objek yang bergerak itu bisa dibekukan. Sedangkan shutter speed rendah atau slow shutter speed dipakai pada saat kita mau bikin yang unik dan menarik, misalkan pada saat kita mau motret mobil yang lalu lalang di jalan kita menggunakan shutter speed yang rendah maka akan mendapat efek jalur cahaya atau lightrail, seolah-olah lampu-lampu mobil yang lewat itu menyatu dan membentuk bayangan.

Contoh photo dengan shutter yang cepat:


Contoh photo dengan shutter rendah:

Shutter speed atau kecepatan rana sangat berkaitan dengan aperture/bukaan diafragma serta dengan ISO. Ketiganya itu sangatlah berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar